A. Sejarah Kapal Api
Jika anda orang
Indonesia pasti mengenal merek dagang produk kopi bubuk ini, produk dengan ciri
khas Kapal Api sebagai logo dagang perusahaan yaitu Kopi Kapal Api.
Perusahaan Kopi
Kapal Api didirikan pada tahun 1927 dari sebuah usaha keluarga. Pak Soedomo
Mergonto adalah sosok dibalik susksesnya perusahaan Kopi Kapal Api.
Berawal
menawarkan kopi di kota kelahiran nya Surabaya hingga di percaya oleh keluarga
untuk memegang perusahaan orangtua nya.Pak Soedomo tidak menamatkan sekolahnya
di SMA Sin Cong Surabaya lantas beliau tidak putus asa. Alasan kenapa Pak
Soedomo tidak melanjutkan sekolahnya karena sekolah yang menjadi tempat belajar
beliau ditutup oleh pemerintah. Meskipun tak bersekolah, Pak Soedomo membantu
kedua orangtua nya berjualan kopi berkeliling menggunakan sepeda ontel di
Pelabuhan Tanjung Perak hingga keluar masuk kampung di Surabaya. Sejak membantu
kedua orangtua nya, beliau belajar otodidak tentang cara berbisnis kopi. Pak
Soedomo banyak mengamati dan bertanya tentang seluk beluk kopi dan mesin
produksinya.Dalam menjalankan bisnis perusahaan tak jarang melewati masa
kegagalan meskipun sempat mengalami kesalahan dalam penggunaan mesin tak
menyurutkan semangat Pak Soedomo untuk tetap menjalankan bisnis perusahaan
keluarganya dengan baik.
PT.Santos Jaya Abadi adalah nama
perusahaan yang dijalankan oleh bapak Soedomo.
B.
Profil Perusahaan
PT.
Santos Jaya Abadi merupakan perusahaan
multinasional yang memproduksi minuman yang bermarkas di Sepanjang,
Sidoarjo. Beralamat di Jalan Gilang, Sidoarjo, PT Santos Jaya Abadi mewarisi
tradisi sekental kopinya.
Dalam
rentang waktu tak terlalu lama, perusahaan mulai memproduksi kopi dengan merk
“Kapal Api” yang secara langsung mengaspirasikan simbol teknologi tertinggi dan
kemewahan pada zaman tersebut. Lebih dari itu, inspirasi untuk senantiasa
mengacu pada kualitas, menjadikan perusahaan mengalami kemajuan yang pesat dan
berkelanjutan.
Pada
tahun 1970, perusahaan melakukan perkembangan
sekaligus perubahan. Generasi kedua mulai tampil untuk memastikan kelanjutan
dan kesuksesan usaha dengan memperkenalkan mesin dan peralatan mutakhir,
mengembangkan manajemen, meningkatkan keterampilan tenaga kerja serta
memperluas penyebaran produk hingga tersedia di seluruh Jawa Timur.
Tahun 1980 kami
membangun pabrik yang sekarang berada di Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur. Pada tahap ini, merk Kapal Api
telah menjadi penyangga utama perusahaan yang tersebar rata di seluruh
Indonesia sekaligus menjadi pemimpin pasar dengan rangkaian produk lengkapnya.
Melanjutkan
sukses merk Kapal Api dan demi kepuasan pelanggan, PT Santos Jaya Abadi
memperkenalkan beberapa merk kopi lain yang juga berhasil meraih sukses di
pasaran, yaitu Excelso, ABC, Good Day,
Ya! dan Kapten.
Hingga
kini, PT Santos Jaya Abadi dengan rangkaian produknya telah menjadi bagian dari
keseharian dan bahkan berlangsung dari generasi ke generasi. Kami yakin bahwa
keberhasilan ini merupakan buah dari manajemen yang prima, dedikasi menyeluruh
dari seluruh staff dan tentu saja layanan serta kualitas tinggi dari produk
kami sendiri.
C. Visi dan Misi Perusahaan
Adapun
VIsi dan Misi dari Perusahaan Santos Jaya Abadi :
VISI & MISI
VISI, MISI, NILAI & MOTO
Visi
Visi PT Santos Jaya Abadi adalah untuk membekal produk kopi nombor satu di Asia Tenggara.
Misi
Agar mampu mewujudkan visi tersebut, PT Santos Jaya Abadi sebagai syarikat pembuat produk kopi menetapkan komitmen untuk meningkatkan mutu produk dan layanan yang berkesinambungan demi memenuhi kehendak pelanggan di Asia Tenggara dan memberi keuntungan pada seluruh pihak.
Nilai
1. Menjaga kualiti produk yang tinggi dan konsisten
2. Fokus pada kepentingan pelanggan dan pedagang/distributor
3. Inovasi dan kreatif
4. Kerjasama
5. Perkembangan yang berkesinambungan
Moto
"A Quality Cup for A Better Life."
Secangkir kopi bermutu untuk kehidupan yang lebih baik.
Agar mampu mewujudkan visi tersebut, PT Santos Jaya Abadi sebagai syarikat pembuat produk kopi menetapkan komitmen untuk meningkatkan mutu produk dan layanan yang berkesinambungan demi memenuhi kehendak pelanggan di Asia Tenggara dan memberi keuntungan pada seluruh pihak.
Nilai
1. Menjaga kualiti produk yang tinggi dan konsisten
2. Fokus pada kepentingan pelanggan dan pedagang/distributor
3. Inovasi dan kreatif
4. Kerjasama
5. Perkembangan yang berkesinambungan
Moto
"A Quality Cup for A Better Life."
Secangkir kopi bermutu untuk kehidupan yang lebih baik.
D. Strategi Pemasaran
a)
Unggul dalam popularitas merek dan daya tarik promosi
b)
Strategi menyerang dengan melakukan diversifikasi variasi rasa dengan
memanfaatkan popularitas merek
E. Strategi IMC Kapal Api
- Tema strategi IMC Kapal Api (KA): “Secangkir Semangat untuk Indonesia “, berupa aktivitas above the line dan below the line, distribusi serta social responsibility marketing, termasuk melalui media sosial yang sedang in di pasar.
- “Secangkir Semangat untuk Indonesia” menjadi payung eksekusi di semua lini komunikasi sehingga menjadi fokus kampanye yang saling memperkuat dengan konsep pemasarannya ke konsumen.
- Konsep “Secangkir Semangat untuk Indonesia” adalah memberi semangat dan mengajak berpikir positif. Ini upaya KA membuat pencitraan yang positif, tak lagi sekadar jualan produk.
- KA berupaya beradaptasi dengan perkembangan seperti hadirnya media sosial atau digital mobile.
- Semua itu dilakukan dengan berpijak pada tiga pilar bisnisnya: operational excellence & cost effectiveness, innovation & product leadership, serta consumer engagement or intimacy.
F. Penjualan Hingga ke Mancanegara
Berkat kemajuan yang
di capai Kapal Api, produk ini berhasil masuk ke pasar mancanegara dengan di
awali ekspor ke Arab Saudi pada tahun 1985. Tahun 1987 masuk ke Pasar Hongkong.
Kemudian di susul dari Malaysia hingga Taiwan.
Namun, Merek Kapal Api
tidak selalu bisa diterima di pasar mancanegara. Di Hongkong nama Kapal Api
mengganti nama merek menjadi Wenz. Excelso menjadi pengganti nama merek Kapal
Api di Taiwan. Hanya negara Malaysia dan Arab Saudi yang bisa menerima merek
Kapal Api
trims
BalasHapus