Selasa, 25 November 2014

"Kapal Api"Kopi Bubuk yang berlayar hingga Mancanegara

A. Sejarah Kapal Api
Jika anda orang Indonesia pasti mengenal merek dagang produk kopi bubuk ini, produk dengan ciri khas Kapal Api sebagai logo dagang perusahaan yaitu Kopi Kapal Api.
Perusahaan Kopi Kapal Api didirikan pada tahun 1927 dari sebuah usaha keluarga. Pak Soedomo Mergonto adalah sosok dibalik susksesnya perusahaan Kopi Kapal Api.
Berawal menawarkan kopi di kota kelahiran nya Surabaya hingga di percaya oleh keluarga untuk memegang perusahaan orangtua nya.Pak Soedomo tidak menamatkan sekolahnya di SMA Sin Cong Surabaya lantas beliau tidak putus asa. Alasan kenapa Pak Soedomo tidak melanjutkan sekolahnya karena sekolah yang menjadi tempat belajar beliau ditutup oleh pemerintah. Meskipun tak bersekolah, Pak Soedomo membantu kedua orangtua nya berjualan kopi berkeliling menggunakan sepeda ontel di Pelabuhan Tanjung Perak hingga keluar masuk kampung di Surabaya. Sejak membantu kedua orangtua nya, beliau belajar otodidak tentang cara berbisnis kopi. Pak Soedomo banyak mengamati dan bertanya tentang seluk beluk kopi dan mesin produksinya.Dalam menjalankan bisnis perusahaan tak jarang melewati masa kegagalan meskipun sempat mengalami kesalahan dalam penggunaan mesin tak menyurutkan semangat Pak Soedomo untuk tetap menjalankan bisnis perusahaan keluarganya dengan baik.
PT.Santos Jaya Abadi adalah nama perusahaan yang dijalankan oleh bapak Soedomo.
B. Profil Perusahaan
PT. Santos Jaya Abadi merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi minuman yang bermarkas di Sepanjang, Sidoarjo. Beralamat di Jalan Gilang, Sidoarjo, PT Santos Jaya Abadi mewarisi tradisi sekental kopinya.
Dalam rentang waktu tak terlalu lama, perusahaan mulai memproduksi kopi dengan merk “Kapal Api” yang secara langsung mengaspirasikan simbol teknologi tertinggi dan kemewahan pada zaman tersebut. Lebih dari itu, inspirasi untuk senantiasa mengacu pada kualitas, menjadikan perusahaan mengalami kemajuan yang pesat dan berkelanjutan.
Pada tahun 1970, perusahaan melakukan perkembangan sekaligus perubahan. Generasi kedua mulai tampil untuk memastikan kelanjutan dan kesuksesan usaha dengan memperkenalkan mesin dan peralatan mutakhir, mengembangkan manajemen, meningkatkan keterampilan tenaga kerja serta memperluas penyebaran produk hingga tersedia di seluruh Jawa Timur.
Tahun 1980 kami membangun pabrik yang sekarang berada di Sepanjang, SidoarjoJawa Timur. Pada tahap ini, merk Kapal Api telah menjadi penyangga utama perusahaan yang tersebar rata di seluruh Indonesia sekaligus menjadi pemimpin pasar dengan rangkaian produk lengkapnya.
Melanjutkan sukses merk Kapal Api dan demi kepuasan pelanggan, PT Santos Jaya Abadi memperkenalkan beberapa merk kopi lain yang juga berhasil meraih sukses di pasaran, yaitu Excelso, ABC, Good Day, Ya! dan Kapten.
Hingga kini, PT Santos Jaya Abadi dengan rangkaian produknya telah menjadi bagian dari keseharian dan bahkan berlangsung dari generasi ke generasi. Kami yakin bahwa keberhasilan ini merupakan buah dari manajemen yang prima, dedikasi menyeluruh dari seluruh staff dan tentu saja layanan serta kualitas tinggi dari produk kami sendiri.
C. Visi dan Misi Perusahaan
Adapun VIsi dan Misi dari Perusahaan Santos Jaya Abadi :
VISI & MISI

VISI, MISI, NILAI  & MOTO
Visi

Visi PT Santos Jaya Abadi adalah untuk membekal produk kopi nombor satu di Asia Tenggara. 

Misi

Agar mampu mewujudkan visi tersebut, PT Santos Jaya Abadi sebagai syarikat pembuat produk kopi menetapkan komitmen untuk meningkatkan mutu produk dan layanan yang berkesinambungan demi memenuhi kehendak pelanggan di Asia Tenggara dan memberi keuntungan pada seluruh pihak.

Nilai

1. Menjaga kualiti produk yang tinggi dan konsisten
2. Fokus pada kepentingan pelanggan dan pedagang/distributor
3. Inovasi dan kreatif
4. Kerjasama
5. Perkembangan yang berkesinambungan

Moto

"A Quality Cup for A Better Life."
Secangkir kopi bermutu untuk kehidupan yang lebih baik.

D. Strategi Pemasaran

a)    Unggul dalam popularitas merek dan daya tarik promosi
b)   Strategi menyerang dengan melakukan diversifikasi variasi rasa dengan memanfaatkan popularitas merek
E. Strategi IMC Kapal Api
  • Tema strategi IMC Kapal Api (KA): “Secangkir Semangat untuk Indonesia “, berupa aktivitas above the line dan below the line, distribusi serta social responsibility marketing, termasuk melalui media sosial yang sedang in di pasar.
  • “Secangkir Semangat untuk Indonesia” menjadi payung eksekusi di semua lini komunikasi sehingga menjadi fokus kampanye yang saling memperkuat dengan konsep pemasarannya ke konsumen.
  • Konsep “Secangkir Semangat untuk Indonesia” adalah memberi semangat dan mengajak berpikir positif. Ini upaya KA membuat pencitraan yang positif, tak lagi sekadar jualan produk.
  • KA berupaya beradaptasi dengan perkembangan seperti hadirnya media sosial atau digital mobile.
  • Semua itu dilakukan dengan berpijak pada tiga pilar bisnisnya: operational excellence & cost effectivenessinnovation & product leadership, serta consumer engagement or intimacy.
 F. Penjualan Hingga ke Mancanegara
Berkat kemajuan yang di capai Kapal Api, produk ini berhasil masuk ke pasar mancanegara dengan di awali ekspor ke Arab Saudi pada tahun 1985. Tahun 1987 masuk ke Pasar Hongkong. Kemudian di susul dari Malaysia hingga Taiwan.
Namun, Merek Kapal Api tidak selalu bisa diterima di pasar mancanegara. Di Hongkong nama Kapal Api mengganti nama merek menjadi Wenz. Excelso menjadi pengganti nama merek Kapal Api di Taiwan. Hanya negara Malaysia dan Arab Saudi yang bisa menerima merek Kapal Api




 


1 komentar: